jump to navigation

Musyawarah III Iluni FTUI – Awal Kebersamaan untuk Kemajuan February 23, 2008

Posted by Panitia Musyawarah III ILUNI FTUI 2008 in Artikel.
Tags:
trackback

Oleh :Tomy Suryatama (GP 89)

Rekan2 alumni FTUI,

Saya baru 2-3 tahun ini saya mencoba mengenal lebih banyak mengenai Iluni FTUI setelah lebih dari 10 tahun meninggalkan bangku kuliah. Bisa dibilang saya masih “hijau” dan belum banyak mengetahui seluk-beluk organisasi yg telah berdiri lebih dari 30 tahun ini.

Tapi dalam waktu yg relatif singkat itu ada satu hal yg saya tahu pasti ………..

Organisasi ini punya seabrek potensi yg bisa memberikan manfaat bagi banyak orang. Bagi anggota, bagi Almamater, bagi Bangsa tercinta dan tidak mustahil untuk dunia.

Saya terkejut ketika mengetahui organisasi ini telah mempunyai anggota lebih dari 12,000 orang – yg kesemuanya alumni dari Universitas paling terkemuka di negeri ini. Ke 12,000 anggota dgn tingkat pendidikan jauh diatas rata2 orang Indonesia ini, sebagian besar bekerja di berbagai lembaga pemerintahan, institusi pendidikan, BUMN,industri swasta, dan multi national company. Tidak kurang banyaknya anggota dari organisasi ini yg telah menjadi pengusaha dan wiraswasta yg sukses di negeri ini dan turut memberikan tambahan lapangan kerja bagi masyarakat. Tidak sedikit pula dari anggota alumni FTUI yg telah mejadi politisi terkemuka baik di tingkat daerah sampai tingkat pusat. Mereka semua tersebar dari Sabang sampai Merauke sampai2 ke ujung belahan dunia.

Di bulan2 terakhir ini, seiring dgn semakin meningkaknya dinamika di kalangan alumni FTUI dalam menyambut Musyawarah ke III Iluni FTUI saya semakin banyak mendapat kesempatan untuk bertemu rekan2 alumni teknik yg lain dari berbagai angkatan & jurusan. Sungguh saya terkesima ………

Dengan mata kepala saya sendiri saya melihat begitu banyaknya rekan2 alumni masih punya kepedulian dgn organisasi ini. Mereka2 yg saya tahu sudah sangat mapan, tapi masih mau berkumpul, bertukar pikiran, berdebat hingga larut malam ditemani sepiring makan ketoprak atau sepotong martabak agar organisasi nir-laba ini dapat menjadi lebih baik kedepannya. Kadang saya sampai “merinding” bila membayangkan apa yg bisa kita perbuat dgn semua potensi yg dimiliki oleh organisasi ini.

Dalam hati kecil saya jadi bertanya: Apa yg Iluni FTUI tidak punya ?

Kalau boleh saya berpendapat, mungkin yg sedikit kurang adalah rasa KEBERSAMAAN.

Semoga Musyawarah Iluni FTUI ke III ini dapat menjadi sarana terbaik bagi kita utk mulai menyempitkan perbedaan yg ada, melupakan semua permusuhan, memperkecil kesenjangan antar angkatan maupun jurusan dan mulai meyatukan langkah bersama kedepan.

Semoga Musyawarah Iluni FTUI ke III ini bisa menjadikan awal dari sebuah KEBERSAMAAN ….

KEBERSAMAAN yg dulu pernah ditanamkan sangat kuat di hati oleh para senior kita ketika kita melangkahkan kaki memasuki kampus FTUI. Amin.

Akhir kata, mohon maaf bila ada khilaf dan kekeliruan dalam tulisan ini.

TEKNIK PALING JAYA !

TEKNIK PALING GAYA !

Comments»

1. [Iluni FTUI] - February 23, 2008

Bagi alumni yang ingin menyumbangkan pikiran dalam bentuk tulisan seperti Bang Tomy ini, bisa dikirimkan ke alamat email : iluni.FTUI@gmail.com

2. Aswil N. - February 23, 2008

Pengamatan dan analisa yang bagus, Tom. Para senior kita angkatan 60 an memang terlihat begitu solid konon setelah mereka lulus kuliah hingga saat ini. Padahal suasana semasa kuliah khususnya di sekitar tahun 66 begitu penuh konflik dan intrik.
Ini topik yang menurut hemat saya sangat relevan dan menarik untuk kita ulas. Saya tidak pernah bosan untuk bertanya dan bertanya setiap kali bertemu dengan para senior seperti pak Djoko, bang Akbar, pak Djamhari dan mas Indradjid (alm).
Aspek lain yang mungkin juga bakal rame kalo diulas, adalah yel-yel ho hi ho ha ha, apakah masih relevan?

3. koestoer - February 23, 2008

To Admin,

Bagus tuh blognya. Sdh sy pasang juga koneksinya dari blog saya.
And temu jumat 22 kemarin apa gak ada yg bawa foto ? Gmn tuh bang aswil, bang monty..

Salam.-

4. Aswil N. - February 23, 2008

Ya, soal foto itu kelihatannya lolos dari perhatian kita karena sang juru foto yang biasa (bang Andi) gak mampu menerobos padatnya lalin ke Depok dari kantornya di jl. Perwira.
Omong-omong, dalam pertemuan Jumat malam saya anggap bang Ral hadir sebagai bagian dari jajaran Pimpinan FTUI. Atau bang Ral ini lebih berfungsi sebagai locianpwee pelindung ciangbujin partai yang dalam keadaan normal memilih untuk nyepi di puncak gunung?🙂

5. Irvanto - February 29, 2008

Tomy, salah satu materi training saya yang paling saya gemari untuk disuguhi kepada para karyawan adalah ” Perubahan Paradigma ”

12rebo alumni tidak ada artinya, apalagi fungsinya dengan pemahaman yang berbeda. 10% alumni yang ada di malist ini juga merupakan irisan dari anggota yang tersebar di sub mailist (baca: mailist jurusan)

Sesuatu yang tidak bisa dipaksakan, agar mereka yang sudah tergabung di mailist jurusan juga bergabung di mailist ALUMNI. Janggal ?! aneh ?! ajaib ?! tapi itulah kenyataannya. Segala macam alasan pasti tersedia.

Hal ini sama saja dengan kondisi jaman kuliah dulu, kenapa ada yang hanya mau berkiprah di level jurusan, ada yang mau sampai level fakultas, dan malah ada yang maju sampai level univ. tapi lebih banyak lagi yang tidak mau berkiprah sama sekali :))

Bagi saya, lebih penting qualitas daripada quantitas. dengan 10% yang ada di malist ini, sanggupkah kita untuk menyamakan visi dan misi ? dari pengalaman senior kita bisa liat dinamika kekeluargaan yang terjadi tidak akan menghancurkan hubungan yang sudah terbina sekian lama. Kebersamaan yang sudah dibangun tetap akan terjaga sejauh tidak dikotori kepentingan-kepentingan sesaat. Begitu visi dan misi dimasuki kepentingan lain, kebersamaan pun akan bergeser…..


Leave a Reply

